ALAMI & ILMIAH

KAMI MENYEDIAKAN BERBAGAI MACAM SUPLEMEN KESEHATAN DARI PERLEBAHAN SEPERTI: ROYAL JELLY, MADU, POLLEN , PROPOLIS, HUB. SAYA DI 085103772110

Tuesday 10 May 2016

8 Gejala Anda Menderita Gagal Ginjal

GAGAL ginjal sering tidak disadari oleh banyak orang, karena gejala sering sama dengan penyakit lain. Karena itu, Anda perlu mewaspadai beberapa gejala yang mungkin mengarah ke gagal ginjal.
Berikut 8 gejala Anda menderita gagal ginjal sebagaimana dikutip Boldsky, Sabtu (5/3/2016)
Masalah buang air kecil
Ketika urin berkurang, maka ini adalah indikasi jelas bahwa ginjal tidak berfungsi. Di sisi lain, jika Anda jarang sekali buang air kecil di malam hari, maka ada kemungkinan kecil bahwa Anda menderita penyakit ginjal, karena ini biasanya terjadi ketika filter ginjal rusak.
Urin berdarah
Jika buang kecil terasa sangat menyakitkan, maka kemungkinan besar Anda terserang infeksi saluran kemih. Namun, jika buang air kecil disertai dengan darah dalam urin, maka bisa menjadi pertanda ginjal tidak berfungsi.
Urin berbusa
Urin yang berbusa merupakan indikasi jelas dari gagal ginjal. Selain itu, Anda juga akan mencium aroma tak sedap dari urin yang tidak boleh diabaikan.
Pergelangan kaki bengkak
Jika pergelangan kaki membengkak seperti balon, maka sebaiknya cepat diperiksa ke dokter. Karena, tungkai kaki yang bengkak merupakan indikasi dari fungsi ginjal menurun. Hal ini karena adanya retensi natrium, sehingga menyebabkan pembengkakan pada tungkai kaki.
Tidak nafsu makan
Kehilangan nafsu makan diikuti mual dan muntah adalah gejala yang tidak boleh diabaikan. Hal ini terjadi ketika adanya penumpukan racun dalam tubuh yang pada akhirnya mengarah ke gagal ginjal.
Mata bengkak
Ketika ginjal bocor, maka mata akan cenderung menjadi bengkak. Jadi, ketika mata mulai membengkak tanpa sebab yang jelas, maka jangan ragu untuk memeriksakannya ke dokter.
Kram otot
Anda harus mengetahui bahwa ketidakseimbangan elektrolit merupakan hasil dari kerusakan fungsi ginjal. Jadi, jika Anda menderita kram otot sepanjang hari, maka itu adalah indikator bahwa fungsi ginjal tidak berfungsi.
Kulit gatal
Ketika ginjal tidak mampu untuk menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dengan tepat, maka kulit mulai terasa gatal. Jika krim dan obat gatal tidak menghilangkan rasa gatal, maka segera perikssa ke dokter.

sumber: http://lifestyle.okezone.com/read/2016/03/05/481/1328331/8-gejala-anda-menderita-gagal-ginjal

No comments:

Post a Comment